Rabu, 06 November 2013

Prototype

Function Prototypes
Ada dua jenis fungsi di dalam bahasa C
1.      Fungsi yang mempunyai nilai kembalian (return value)
Seperti kita ketika menulis fungsi matematika y=f(x), kita mempunyai sebuah fungsi dengan nama x yang memproses x untuk menghasilkan suatu nilai yang isinya akan disimpan oleh y.  Ketika dipanggil fungsi jenis ini akan memberikan suatu hasil kembalian.
2.      Fungsi yang tidak mempunya nilai kembalian.
Sering disebut sebagai prosedur. Berisi urutan proses yang tidak memberikan suatu ouput yang dapat ditangkap oleh suatu variable.
Deklarasi dari fungsi ditulis tanpa dengan menyebutkan argumen-argumen fungsinya. Sebenarnya argumen-argumen dari fungsi dan tipe datanya dapat juga dituliskan. Deklarasi seperti ini disebut dengan prototype fungsi.
Suatu fungsi yang memberikan hasil balik (return value) selain integer perlu dideklarasikan sebelum digunakan. Deklarasi fungsi ditulis sebelum fungsi tersebut digunakan. Akan tetapi sebaiknya setiap fungsi dideklarasikan terlebih dahulu.
Deklarasi Fungsi:
tipe nama_fungsi( argumen1, argumen2, … );  // (Tanpa ada badan fungsi atau statement)
Jika suatu fungsi memberikan kembalian suatu nilai, maka nilai hasil balik yang diberikan oleh fungsi dapat dilakukan oleh statement return yang diikuti oleh nilai hasil baliknya yang ditulis tanda kurung. Contoh : return(F);


Semua pengenal (identifiers) di C harus dideklarasikan sebelum digunakan. Hal ini berlaku untuk fungsi serta variabel.Untuk fungsi deklarasi perlu sebelum panggilan pertama dari fungsi tersebut dilakukan.Sebuah deklarasi penuh termasuk tipe return (return type) dan nomor (jumlah) serta jenis argumen. Ini disebut prototipe fungsi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar